Article

Hope Channel Meluncurkan Stasiun TV Afiliasi Di Samoa Amerika

Hope Channel telah resmi meluncur di Samoa Amerika, dengan kebaktian dedikasi khusus pada hari Senin 19 Desember.

Pendeta Sione Ausage, Sekretaris Umum Misi Samoa-Tokelau, memimpin kebaktian dedikasi.

“Walaupun ini adalah kali pertama Gereja mengoperasikan sebuah stasiun TV di Samoa Amerika, misi gereja di Samoa selama ini telah diarahkan kepada pengembangan siaran untuk lebih memperluas misi gereja dalam pekerjaan keagamaan melalui televisi,” kata Pendeta Ausage. “Pada tahun 2011, Misi Samoa Toelau telah meluncurkan Hope Channel, dan sekarang adalah giliran Samoa Amerika.”

Gubernur Letnan Lemanu Peleti Mauga membawakan kata sambutan khusus mewakili pemerintah daerah dan menggunakan kesempatan itu untuk secara publik mengakui dan menunjukkan penghargaan tulus kepada para anggota gereja yang mengunjunginya dan istri, Alm. Ibu Pohakalani Mauga, ketika ia dirawat di Honolulu awal tahun 2016.

“Koor pertama yang mengunjungi istri saya dan menyanyi di rumah sakit adalah koor dari Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh,” kata Gubernur Letnan Mauga. “Stasiun TV ini merupakan pengembangan penting dari gereja Advet, dan akan digunakan untuk lebih menjangkau kepada orang-orang untuk membagikan ajaran-ajaran Tuhan di setiap penjuru daerah.”

 Pengusaha lokal Bill yman, yang memiliki stasiun TV K1 1UU-D, yang beroperasi sebagai Channel 11 TV-PCS, sebelumnya memiliki stasiun dan fasilitas yang berlokasi di Vaitogi. Bapak Hyman mengumumkan pada Agustus 2016 bahwa stasiun itu akan berada dibawah pengelola yang baru, setelah menandatangani sebuah nota kesepakatan dengan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh di Samoa Amerika.

Walaupun banyak orang dan perusahaan lokal yang ingin membeli Channel 11, Bapak Hyman menahan mereka untuk membuat keputusan akhir, karena ia ingin agar stasiun TV itu berlanjut menyiarkan acara keagamaan,

“Itulah tujuan utama Channel 11 dari awalnya,” kata Bapak Hyman. “Kami adalah stasiun lokal yang berhasil mendapatkan hak untuk membawakan kegiatan olahraga internasional, seperti rugby, namun, kami juga menyiarkan acara keyakinan Bahai.” 

Tetapi ketika gereha Advent mendekati Bapak Hyman, negosiasi itu dengan cepat menjadi sebuah kesepakatan, dan Hope Channel Samoa Amerika dilahirkan.

“Mimpi saya telah menjadi kenyataan,” kata Bapak Hyman. “Saya sangat senang stasiun yang dulunya saya miliki telah dijual dan sekarang dioperasikan oleh sebuah gereja.” 

Rencana-rencana akan dijalankan untuk memperluas siaran menjadi sebuah stasiun radio.

 Samoa Amerika adalah wilayah yang tidak berhubungan dari Amerika Serikat, namun jatuh di bawah Divisi Pasifik Selatan Kawasan Trans-Pasifik dari Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.

 

Penterjemah : Ivetta Inaray

https://record.adventistchurch.com/2017/01/10/hope-channel-launched-in-american-samoa/

Kembali ke daftar