Article

MESKIPUN CUACA DINGIN DAN WABAH FLU, RANGKAIAN CERAMAH DI SERBIA MENARIK ORANG BANYAK

5 hari seri “Pencarian Arti Kehidupan” diadakan di Novi Sad

Meskipun suhu dibawah nol dan sebuah wabah flu yang melanda pada puncaknya, anggota-anggota gereja di Novi Sad, Serbia, terkesan akan 100 pengunjung yang bergabung dengan 200 anggota Advent untuk 5 ceramah umum yang berpusat pada topik, “Pencarian Arti Kehidupan.”

 

Diadakan di sebuah ruang pertemuan umum pada tanggal 8-17 January 2017, Dr Radisa Antic, direktur Ellen G. White Estate di Divisi Trans-Eropa dan pengajar senior dalam teologi sistematis di Perguruan Tinggi Newbold, menarik para pendegar yang berminat dalam topik-topik filosofi dan teologi.

 

Para pendeta dan anggota lokal terlebih khusus disemangati oleh orang-orang yang tinggal dalam budaya sekular dan pasca-modern yang melawan suhu -15 Celcius dan angin dingin -25 Celcius untuk mencari jawaban-jawaban dalam pencarian mereka.

 

Novi Sad adalah kota kedua terbesar di Serbia dengan penduduk berjumlah 277,000 orang. Orang-orang muda tertarik pergi kesana oleh universitas terkenalnya, dan oleh banyak kegiatan kebudayaan, khususnya festival musik musim panas EXIT.

 

4 gereja Advent di kota menjangkau kepada penduduk-penduduk dengan program-program yang berkaitan dengan orang muda, komunitas dan kesehatan. Sebuah gereja baru berdiri karena keberhasilan jangkauan keluar klub kesehatan, tidak jauh dari pusat kota.

 

2 hari sebelum ceramah umum, Antic berpartisipasi dalam program TV yang disiarkan langsung selama 1 jam. Hari itu adalah malam Natal, menurut kalender Ortodoks (6 Januari). Antic mengudara segera setelah sebuah surat Natal pastoral dari kepala Ortodoks Serbia - yang menjaminnya para penonton dalam jumlah yang signifikan. Sebuah kelompok pendeta Advent dibuat sibuk selama beberapa hari kemudian untuk mengunjungi para kontak yang didapat dari telepon masuk yang datang sebagai reaksi dari program TV tersebut.

 

Sementara ceramah menjangkau 300 penonton secara langsung, dampak mereka akan meningkat selama akhir pekan terakhir dari Januari dan setiap akhir pekan di bulan Februari. Seri ini akan disiarkan melalui sebuah stasiun TV Novi Sad yang meliputi hampir seluruh kawasan Konferens Serbia Utara dan bagian dari Belgrade.

 

Pada Sabtu, 7 Januari, lebih dari 500 umat Advent dari seluruh Konferens Utara bergabung bersama untuk mendengarkan Antic membawakan perlunya tulisan salah satu pendiri Gereja Advent, Ellen White, di abad ke-21. Para anggota lain mengikuti program tersebut via siaran langsung online.

 

Buku Antic yang terakhir, Dalam Kehendak-Nyalah Kedamaian Kita, juga dibagikan pada promosi khusus, dengan sekitar 260 salinan yang terjual pada akhir seri ceramahnya.

 

Seri ceramah tersebut bukan hanya sebuah acara satu kali saja, kata para pemimpin jemaat. Gereja Pusat Novi Sad sekarang memusatkan program tindak lanjut dalam sebuah tempat pertemuan umum. Mereka akan melanjutkan inisiatif jangkauan kesehatan, pertemuan diskusi doa, program estafet orang muda, dan program penginjilan literatur yang aktif.

 

Dragan Ciric, presiden Konferens Serbia Utara, sangat antusias mengenai inisiatif-inisiatif ini: “Novi Sad adalah gereja ibu dari konferens dan usaha-usaha yang gereja ini buat dalam mengabarkan Injil harus didukung dalam arti sepenuhnya,” katanya, menambahkan, “Merupakan hal yang menyentuh untuk melihat antusiasmen Dr. Antic dan kelompok pengunjung yang baik yang datang dengan setia pada waktu yang hampir tidak satupun orang yang berani keluar rumah.”

 

Penerjemah : Ivetta Inaray

Sumber :http://www.adventistreview.org/church-news/story-despite-cold-weather-and-flu-epidemic,-adventist-lectures-in-serbia-draw-crowds

Kembali ke daftar