Article

Film Pendek Siswa Universitas Advent Meksiko Mendapatkan Penghargaan Nasional

Film ‘Pohon Puisi’ meraih tempat kedua dalam kompetisi film pendek

Sekelompok siswa dari Universitas Montemorelos yang dioperasikan oleh GMAHK baru-baru ini mendapatkan tempat kedua untuk film mereka yang dikumpulkan selama kontes film Universitas Nasional Ke-9 “Lakukan Secara Singkat” yang diadakan di Kota Meksiko, Meksiko.

 

Kontes ini mempromosikan kreasi dan pelatihan sinematografi dari siswa-siswa universitas dan para tamatan dengan memanggil mereka dalam sebuah festival film pendek tahunan yang mengusulkan solusi kreatif terhadap tantangan-tantangan sosial dan lingkungan yang dihadapi Meksiko dan dunia.

 

Proyek mereka adalah salah satu dari 1,130 film pendek yang dikumpulkan dibawah kategori fiksi, dokumentari, animasi dan eksperimental. Upacara penghargaan diadakan baru-baru ini di fasilitas Cinepolis Arcos Bosques di Kota Meksiko.

 

Film pendek mereka diberi judul “Pohon Puisi”, dan berkaitan dengan seorang profesor yang mengajarkan bahwa setiap orang dikelilingi oleh orang-orang yang penuh dengan mimpi dan ide, dan setiap orang perlu untuk bersedia mendengar dan berbagi bersama, kata Jorge Sosa. Sosa adalah pencipta, sutradara, dan penyunting film pendek tersebut. Film ini perlu berfokus kepada tema kontes pada tahun 2016 “Kewarganegaraan Kreatif”, kata para siswa.

 

Film “Pohon Puisi” mengandung banyak pesan, kata Sosa. Film ini merupakan syair terhadap kuasa seni dalam mempersatukan masyarakat, menghancurkan batasan-batasan, dan bersuka dalam hal-hal yang sederhana.

 

“Menjadi bagian kompetisi ini adalah sesuatu hal yang berharga karena acara seperti ini mendorong orang-orang muda untuk datang dengan solusi dan memberikan ekspresi ide yang menguntungkan bagi kesejahteraan sosial sekarang ini,” kata Sosa,

 

Memenangkan tempat kedua menginspirasinya untuk terus menciptakan dan percaya bahwa “kita bisa memberikan inspirasi orang lain untuk membuat sebuah perbedaan di sekitar kita,” kata Sosa, seorang siswa di Fakultas Seni dan Komunikasi Montemorelos.

 

“Seni, puisi, dan komunikasi memiliki kuasa untuk membangun kembali struktur sosial, menjadi komunitas yang lebih baik, juga lebih empatik, lebih bersatu dan lebih bijaksana,” katanya.

 

Film-film pendek teratas yang menang akan menjadi bagia dari Yayasan BBVA Bancomer dan Yayasan Cinepolis dan akan ditayangkan di berbagai forum budaya dan pendidikan di seluruh Meksiko.

 

Profesor Matheus Nascimento, Direktur Fakultas Seni dan Komunikasi, yang memerankan karakter utama di film pendek tersebut, memberikan selamat kepada para siswa dan mengatakan bahwa pencapaian mereka mengukuhkan misi sekolah untuk mengajar para siswa untuk menghasilkan konten audiovisual yang berkualitas sebagai bagian dari misi keseluruhan institusi.

 

“Ini merupakan jendela kesempatan bagi mereka untuk mempromosikan bioskop sebagai alat yangbaik dengan potensi yang sangat besar untuk menjangkau para penonton yang kita tidak bisa jangkau pada umumnya,” kata Nascimento.

 

Tim produksi mendapatkan hadiah sekitar 1,470 dollar Amerika dan perjalanan ke upacara penghargaan yang telah dibayar, juga kelas audio selama 2 hari di Kota Meksiko.

 

Sosa, telah menyelesaikan sebuah gelar di media dan komunikasi dari Universitas Montemorelos di akhir tahun lalu, telah berpartisipasi dalam kontes-kontes film lainnya sebagai siswa di Montemorelos, termasuk sebuah film pendek yang ia tulis dan sutradarai dan merupakan finalis di Festival Film Internasional Guanajuato (GIFF), yang berjudul “Hati-hati di kereta”. Ia membantu menyutradarai proyek finalis GIFF 2012 yang berjudul “Al Cristo Crucificado” oleh Helen Hernandez, yang tamat dari Universitas Montemorelos setelah itu.

 

Penerjemah : Ivetta Inaray 

 

Sumber : www.adventistreview.org/church-news/story4823-mexican-adventist-university-student’s-short-film-gets-national-honor

Kembali ke daftar